Jumat, 28 Agustus 2020

SUPAYA KALIAN MEMAHAMI


—Saiful Islam*—

“Akan Kami perlihatkan kepada mereka ayat-ayat Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Qur’an itu adalah benar…” QS.41.53

Kali ini saya hanya ingin menunjukkan kaitan ayat dengan kepahaman. Ayat menurut Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an adalah tanda yang tampak jelas. Menurut QS.29:49 Al Qur’an disebut sebagai ayat-ayat.

Begitu juga cerita Lisan al-Arab. Bahwa ayat itu adalah tanda. Dijumpai juga arti ayat adalah ‘ibroh. Ayat untuk Qur’an, menurut satu pendapat, itu karena menjadi pemisah antar kalimat.

Jadi secara bahasa, ayat itu semacam tanda, teks, simbol, lambang, gambar, dan seterusnya yang menarik perhatian akal manusia untuk memahaminya. Karenanya berkali-kali Allah perintahkan supaya memahami ayat-ayat-Nya.

Ayat itu tanda yang memberi petunjuk. Al Qur’an adalah kumpulan Surat. Surat adalah kumpulan kalimat (kalaam). Kalimat adalah kumpulan kata (kalimah). Kata adalah kumpulan beberapa huruf. Dan huruf adalah kumpulan beberapa titik.

Al Qur’an itu mirip buku. Karenanya disebut juga Al Kitab. Alias The Book. Buku terdiri dari beberapa bab. Bab terdiri dari beberapa sub bab. Sub bab terdiri dari beberapa paragraf. Paragraf terdiri dari beberapa kalimat. Kalimat terdiri dari beberapa kata. Kata terdiri dari beberapa huruf. Dan huruf sendiri terdiri dari beberapa titik.

Di dalam Al Qur’an, kata aayah (ayat, bentuk tunggal) terulang sebanyak 84 kali. Sedangkan kata aayaat (ayat-ayat, bentuk jamak) diulang sebanyak 148 kali.

Supaya kalian memahami ayat-ayat itu. Ayat-ayat qowliyah berupa Al Qur’an terutama, dan ayat-ayat realitas alam dan sosial. Begitulah kalau kita misalnya membaca QS.45:1-6. Setelah bercerita tentang realitas alam dan sosial, Allah lantas menyatakan: “Itulah ayat-ayat Allah yang Kami bacakan kepadamu dengan sebenarnya.”

Agar Mereka Memahami

Setelah diceritakan haramnya menikahi wanita musyrik, lantas ditutup dengan kalimat: “Allah menerangkan AYAT-AYAT-NYA kepada manusia SUPAYA MEREKA MEMAHAMINYA.” QS.2:221.

Pada QS.6:65, setelah menunjukkan kekuasaan-Nya, kemudian ditutup dengan: “Kami mendatangkan AYAT-AYAT KAMI silih berganti AGAR MEREKA MEMAHAMINYA.”

“Maka ceritakanlah (kepada mereka) KISAH-KISAH itu AGAR MEREKA MEMAHAMINYA,” QS.7:176.

Sesungguhnya Kami mudahkan AL QUR’AN itu dengan bahasamu SUPAYA MEREKA MEMAHAMINYA (QS.44:58).

Setelah membinasakan negeri-negeri, lalu disebutkan QS.46:27: “Kami telah mendatangkan AYAT-AYAT KAMI berulang-ulang supaya mereka bertaubat setelah MEMAHAMINYA.

Supaya Kamu Memahami

Setelah membahas sesuatu yang memabukkan pada QS.2:219, dinyatakan: “Demikianlah Allah menerangkan AYAT-AYAT-NYA kepadamu SUPAYA KAMU MEMAHAMINYA.” Begitu juga pada ayat 242.

Setelah perintah supaya semua Mukminin berpegang teguh pada Qur’an, lantas disebutkan: “Demikianlah Allah menerangkan AYAT-AYAT-NYA kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk,” DENGAN MEMAHAMINYA (QS.3:103).

 (Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalamnya). Kami turunkan di dalamnya ayat-ayat yang jelas, AGAR KAMU SELALU MEMAHAMI DAN MENGINGATNYA (QS.24:1).

Setelah menceritakan adab makan bersama dan bertamu, kemudian disebutkan QS.24:61: “Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya bagimu, AGAR KAMU MEMAHAMINYA.”

Allah-lah Yang Menghidupkan bumi sesudah matinya. Pada QS.57:17: “Sesungguhnya Kami telah menjelaskan kepadamu AYAT-AYAT (KAMI) SUPAYA KAMU MEMAHAMINYA.”

Itulah Ayat-Ayat Untuk Dipahami

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu BENAR-BENAR AYAT BAGI KAUM YANG MEMAHAMINYA.” Pada QS.16:11.

“Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan semua buah-buahan berpasang-pasangan. Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat AYAT-AYAT BAGI KAUM YANG MAU MEMAHAMI.” QS.13:3.

“Dia (menundukkan pula) apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini dengan berlain-lainan macamnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat AYAT BAGI KAUM YANG MAU MEMAHAMI.”  Disebut oleh QS.16 ayat 13 dan ayat 67.

Setelah dikisahkan pembangkangan kaum Tsamud kepada Nabi Sholeh pada QS.27 mulai ayat 45, lantas pada ayat 52 disebutkan begini: “Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah AYAT BAGI KAUM YANG MEMAHAMI.”

Semoga bermanfaat. Walloohu a’lam bishshowaab…

*Penulis buku ‘Ayat-Ayat Kemenangan’, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AHMAD SAIFUL ISLAM

Ahmad Saiful Islam Sarjana Tafsir Hadis UINSA Surabaya Lahir di Banyuwangi,  3 Mei 1987 Islamic Journalism Community  (IJC) Surabaya (2010)...