Rabu, 26 Februari 2014

YUK NGEYEL, NGEYEL, NGEYEL!



Banyak orang gagal, karena ketidakmampuan mereka bertahan, tidak mampu menghadapi berbagai beban, tekanan, dan ancaman-ancaman yang, kadang-kadang, menyangkut keselamatan jiwa. Makanya, untuk sukses daya tahan atau Adversity Quotient itu sangat penting Anda temukan dalam diri Anda dan latih lah.
AQ adalah kemampuan seseorang untuk menghadapi masalah. Kesuksesan tidak jauh dari langit, ia perlu diraih dengan perjuangan, pengorbanan, dan daya tahan (mental) yang kokoh. Ada sebuah kisah, suatu hari di lautan luas, badai tiba-tiba datang dan mengganas. Ia menghantam dan menghancurkan sebuah perahu yang sedang berlayar. Ketiga pemuda yang berada di dalam perahu terlempar ke laut. Mereka harus bertahan agar tidak tenggelam menggunakan potongan-potongan kayu dari sisa-sisa perahu yang hancur.
Ketiganya berhasil melewati hari itu walaupun dengan beban yang cukup berat: lapar, haus, dan udara malam yang tidak bersahabat. Namun demikian, mereka terus mencoba untuk bertahan. Malam itu mereka melihat kelap-kelip lampu di kejauhan. Setitik harapan muncul, dan mereka memastikan bahwa ada sebuah pulau yang berpenghuni, jauh di sana.
“Untuk bisa bertahan hidup, kita harus berenang ke pulau itu.” Demikian salah satu dari mereka memberikan saran. Lalu, sambil tetap berpegangan pada potongan-potongan kayu, mereka berusaha berenang dengan tenaga yang masih tersisa. Namun, karena kondisi mereka sudah lemah, mereka tidak bisa bergerak jauh dan hanya terbawa oleh arus laut.
Pada siang hari kedua cuaca cukup cerah. Meski demikian, pemuda pertama yang daya juangnya lemah, tidak mampu lagi bertahan. Akhirnya dia mati lemas dan tenggelam.
Kedua pemuda yang lain tetap bertahan dan berjuang untuk tetap bisa hidup, meskipun penderitaan demi penderitaan harus mereka alami, hanya minum air hujan dan ikan-ikan menggigitinya.
Pada hari ketiga pemuda kedua, karena tidak mampu bertahan lagi, akhirnya juga meninggal. Kini tinggal pemuda ketiga sendirian. Ia, yang sudah sangat lemah, nyaris putus asa. Namun, ketika malam tiba ia kembali melihat lampu-lampu di kejauhan dan kembali mendapat semangat untuk tetap hidup dan berjuang untuk sampai ke daratan.
Tidak beberapa lama kemudian ada sebuah kapal lewat. Ia ditolong dan diangkat ke atas kapal. Setelah dia diabaringkan di dek kapal, salah seorang awak kapal bertanya, “Sudah berapa hari Anda di laut?”
“Tiga hari”, jawabnya dengan suara lemah yang berputus-putus.
“Apa yang membuat Anda mampu bertahan hidup sampai tiga hari?” Tanya awak kapal itu karena takjub.
“Lampu-lampu di kejauhan, saya yakin ada sebuah pulau di sana  dan ada kehidupan, maka saya berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya”, jawab pemuda itu.
Para awak kapal melihat ke arah yang ditunjuk; tidak ada lampu yang berkelap-kelip di sana. Yang ada hanyalah bitang-bintang di kaki langit...
Bintang, lampu, adalah harapan, cita-cita, target, dan sesuatu yang sangat-sangat kita inginkan, yang memberi harapan dan semangat. Dan daya juang, daya tahan dan kemampuan menghadapi tekanan fisik maupun mental (tantangan, persaingan, permasalahan, hal-hal yang tidak terduga, dan bahkan ancaman-ancaman) yang akan mentantarkan kita pada kesuksesan. 
Anda tahu, resep ayam goreng Kentucky Fried Chicken Kolonel Harland Sanders baru diterima saat ia menawarkannya ke restoran yang ke-1009? Begitu juga, J.K. Rowling penulis buku Harry Potter pernah ditolak beberapa kali sebelum bukunya berhasil diterbitkan. Sebelum sukses, ternyata mereka gigih, tidak kalah oleh penolakan, dan daya tahan yang luar biasa.
 (sumber gambar: www.1decision1day.com)

NB: Silahkan IZIN kepada penulis di: ahmadsaifulislam@gmail.com (085733847622), bila berminat menerbitkan artikel-artikel di blog resmi ini. Terimakasih, Salam Menang…J) Yuk diskusi juga di @ipoenkchampion, dapatkan kultweet yang menyegarkan intelektual, emosional dan spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AHMAD SAIFUL ISLAM

Ahmad Saiful Islam Sarjana Tafsir Hadis UINSA Surabaya Lahir di Banyuwangi,  3 Mei 1987 Islamic Journalism Community  (IJC) Surabaya (2010)...